chemistry 2010

Jumat, 07 Desember 2012

kolesterol








kolesterol adalah suatu molekul lemak di dalam sel dibagi menjadi LDL, HDL, total kolesterol dan trigliserida. Kolesterol sebenarnya merupakan salah satu komponen lemak. Seperti kita ketahui, lemak merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan oleh tubuh kita disamping zat gizi lain seperti karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Lemak merupakan salah satu sumber energi yang memberikan kalori paling tinggi. Disamping sebagai salah satu sumber energi, sebenarnya lemak atau khususnya kolesterol memang merupakan zat yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita terutama untuk membentuk dinding sel-sel dalam tubuh. Kolesterol juga merupakan bahan dasar pembentukan hormon-hormon steroid. Kolesterol yang kita butuhkan tersebut, secara normal diproduksi sendiri oleh tubuh dalam jumlah yang tepat. Tetapi ia bisa meningkat jumlahnya karena asupan makanan yang berasal dari lemak hewani, telur dan yang disebut sebagai makanan sampah (junkfood). Kolesterol dalam tubuh yang berlebihan akan tertimbun di dalam dinding pembuluh darah dan menimbulkan suatu kondisi yang disebut aterosklerosis yaitu penyempitan atau pengerasan pembuluh darah. Kondisi ini merupakan cikal bakal terjadinya penyakit jantung dan stroke.
Penurunan kadar kolesterol dapat dilakukan dengan mengkonsumsi anti-oksidan yang terdapat dalam tumbuhan, seperti ketan hitam.
Saat  ini  telah  diteliti  begitu  banyak tanaman  yang  dapat  bermanfaat sebagai obat. Salah satu tanaman yang banyak diteliti khasiatnya adalah ketan  hitam  (Oryza  sativa  Linn.  Var glutinosa). Berdasarkan penelitian yang dilakukan  oleh  Xia,  et  al, pemberian ekstrak etanol pada  ketan  hitam, dapat menurunkan kadar kolesterol, ketan hitam mengandung antioksidan jenis antosianin yang dapat digunakan  dalam  penurunan kadar kolesterol.

3 komentar:

  1. mengapa pada pemberian ekstrak etanol pada ketan hitam, dapat menurunkan kadar kolesterol, bagaimana mekanisme kerja kadar penurunan kolesterol pada proses tersebut ?

    BalasHapus
  2. Mekanisme ekstrak etanol ketan hitam dalam menurunkan kadar kolesterol total, yaitu menghambat oksidasi LDL (kolesterol jahat). Oksidasi kolesterol LDL merupakan suatu proses biologi yang diduga terlibat dalam mekanisme proses inisiasi dan akselerasi lesi arteri. LDL yang teroksidasi dapat menyebabkan viskositas darah menjadi lebih kental dan peluang terjadinya menyumbatan pembuluh darah (atheroskelosis) menjadi lebih tinggi. Dengan adanya senyawa antioksidan dalam ekstrak etanol ketan hitam, oksidasi LDL dapat dihindari.
    Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa ekstrak etanol dalam ekstrak ketan hitam mampu mencegah peningkatan kadar kolesterol.

    BalasHapus
  3. Aktivitas antikolesterol dalam ekstrak etanol ketan hitam diduga adalah senyawa antosianin. Antosianin diduga bekerja dengan cara penghambatan terhadap HMG- CoA reduktase dan meningkatkan aktivitas Lechitin Cholesterol Acyl Transferase (LCAT). LCAT merupakan enzim yang dapat mengkonversi kolesterol bebas menjadi ester kolesterol yang lebih hidrofobik, sehingga ester kolesterol dapat berikatan dengan partikel inti lipoprotein untuk membentuk HDL baru.

    BalasHapus